Download Ubuntu Tweak 0.4.7.1

Ubuntu Tweak,Silahkan Download DISINI sebuah tool tweaking terintegrasi dengan beragam fitur dan fungsionalitasnya mencoba memanjakan pengguna Ubuntu yang ingin mengkustomisasi sistemnya lebih jauh.

Masih jauh bila ingin dikatakan Ubuntu Tweak ini sebagai sebuah control center, namun diharapkan kemunculannya dapat memberikan nafas dan semangat baru untuk kelahiran sebuah control center terintegrasi di Ubuntu.

Apa saja yang coba ditawarkan oleh Ubuntu-Tweak?
Secara garis besar, ada tujuh kategori yang tiap kategorinya memiliki opsi tweaking tersendiri, yaitu:

1. Welcome: Seperti namanya, ini hanyalah ucapan selamat datang dan pengenalan singkat tentang Ubuntu Tweak.
2. Computer: Berisikan informasi umum seputar sistem anda; Hostname, Distribution, Desktop environment, Kernel, Platform, CPU, dan memory. Juga mencakup informasi seputar pengguna; Current user, Home directory, Shell, dan Language.
3. Applications: Ada empat sub-kategori yang akan anda temui disini; Add/Remove (untuk menambah/mengurangi paket-paket yang terinstal di sistem anda), Source Editor (memprmudah peng-edit-an daftar/list repository paket), Third Party Softwares Sources (mempermudah peng-edit-an daftar/list repository paket dari pihak ketiga), dan Package Cleaner (untuk membersihkan paket beserta cachenya yang tidak terpakai).
4. Startup: Kategori ini memiliki dua sub-kategori yaitu; Session Control (mengkonfigurasi session dan splash screen) dan Autostart (mengkonfigurasi program-program mana saja yang otomatis berjalan pada saat sistem dimulai).
5. Desktop: Kategori ini berisikan tweak-tweak yang berkaitan seputar masalah desktop. Ada empat sub-kategori didalamnya, yaitu; Icons (pengaturan icon apa saja yang akan ditampilkan di desktop), Windows (mempermudah pengaturan dekorasi window), Compiz Fusion (berisikan pengaturan dasar seputar Compiz Fusion), GNOME (pada kategori ini anda dapat men-tweak beberapa pengaturan pada GNOME diantaranya mengganti logo pada menu dan lain-lain).
6. Personal: Kategori ini menawarkan beragam tweaking seputar pengaturan personal yakni; Folders (menambah/mengurangi/mengganti default document folders), Templates (memanajemen document templates yang akan dimunculkan di menu konteks “Create Document” pada aksi klik kanan mouse), Scripts (mengkonfigurasi script-script apa saja yang akan dimunculkan di menu konteks pada aksi klik kanan mouse), dan Shortcuts (menkonfigurasi shortcut keyboard yang akan memudahkan dalam melakukan suatu aksi, misal; menjalankan program tertentu).
7. System: Tiga sub-kategori yang ada disini adalah; Nautilus (tweaking seputar File Browser, CD Burner, dan Nautilus Extensions), Power Management (sesuai namanya, sub-kategori ini menawarkan berbagai hal terkait manajemen daya pada sistem anda), dan Security (menawarkan beberapa pengaturan restriksi/pembatasan pada beberapa hal semisal; lock screen, printing, user switching, dan sebagainya).

Secara keseluruhan, saya cukup menikmati kenyamanan dalam melakukan konfigurasi dan tweaking yang ditawarkan oleh Ubuntu Tweak ini, namun diharapkan kedepannya pilihan tweaking yang tersedia akan lebih banyak lagi dan mungkin saja akan dapat menjadi sebuah control center yang menawarkan pengaturan yang lebih luas :D


0 comments: